Senin, 23 November 2009

membersihkan monitor, keyboard,dan CPU.

Keyboard adalah salah satu alat para hacker untuk melancarkan aksinya. Walaupun tingkat keahlian seorang hacker tidak dilihat dari bersih atau tidaknya keyboard yang digunakan namun ada baiknya kita selalu memperhatikan kebersihan salah satu perangkat keras masukan ini.


contoh keyboard yang kotor

Untuk membersihkan keyboard hal yang paling penting diperhatikan adalah harga keyboard. Lakukan langkah-langkah di bawah ini jika keyboard anda berharga lebih dari Rp 100rb. Jika kurang dari itu dan anda telah menggunakannya lebih dari setahun saya menyarankan untuk mengganti dengan yang baru saja dari pada repot.

Membersihkan Keyboard

Langkah pertama yang kita lakukan adalah melepas setiap tuts pada keyboard. Anda bisa menggunakan benda-benda seperti sendok, obeng, atau benda tumpul yang tipis lainnya untuk mencongkel tuts. Masukkan benda tsb ke ruang antar tuts lalu congkel dari bawah untuk mengeluarkannya. Jangan ragu-ragu dalam melakukan hal ini karena saya jamin tuts keyboard anda tidak akan rusak jika dicongkel.

Jika semua tuts sudah lepas, langkah selanjutnya adalah membersihkan wadah tuts atau keyboard itu sendiri. Anda bisa menggunakan kuas atau sikat gigi untuk melakukan ini. Bersihkan setiap celah, jika dibutuhkan basahkan sikat atau kuas yang anda gunakan.


proses pelepasan tuts satu demi satu

Berikutnya kita akan membersihkan tuts-tuts yang jumlahnya cukup banyak. Sediakan baskom atau wadah yang cukup untuk menampung semua tuts tersebut. Setelah itu isi wadah tersebut dengan air dan berikan shampoo atau deterjen secukupnya. Bilas tuts dalam wadah dengan cara mengaduk-aduknya. Setelah itu bersihkan satu-persatu dengan menggunakan sikat yang tadi anda gunakan. Pisahkan tuts yang sudah dibersihkan pada wadah yang kering.

Setelah semua tuts selesai dipisahkan bilas lagi dengan menggunakan air bersih lalu keringkan. Kemudian jemur semua tuts beserta papannya di bawah sinar matahari. Biarkan barang sejam atau dua jam.

Jika tuts sudah kering maka langkah selanjutnya adalah memasang tuts-tuts tersebut kembali seperti sedia kala. Caranya cukup gampang. Tinggal cocokkan posisinya dan tekan sampai terdengan bunyi klop. Ini artinya tuts sudah terpasang kembali dengan sempurna. Lakukan sampai semua tuts terpasang tanpa ada yang ketinggalan.

Jika semua tuts sudah terpasang maka anda tinggal mengetes apakah keyboard tersebut masih bisa digunakan

cara bersihkan monitor

  1. Matikan Laptop/Layar LCD anda. Pastikan kabel dicabut dari stopkontak untuk memastikan tidak ada listrik yang mengalir.

  2. pakai/Gunakan lap dari bahan berserat lembut seperti lap kacamata atau lap dari perangkat pembersih LCD yang kering, lalu sapukan dengan lembut ke layar LCD anda untuk membersihkan debu-debu kasar yang terlihat. INGAT, JANGAN DITEKAN!!! Jika anda memiliki kain microfiber, itu akan lebih baik.

  3. Lalu, semprotkan cairan pembersih LCD ke kain lap khusus dari perangkat pembersih layar LCD anda. Atau, bisa juga anda me LCD!!!

  4. Lap layar LCD anda dengan gerakan memutar. Lap dengan lembut dan jangan ditekan.

  5. Biarkan layar LCD anda kering. Jangan tutup layar monitor anda sebelum kering, karena bisa menimbulkan embun.

  6. Setelah benar-benar kering, anda bisa menghidupkan kembali layar LCD anda.

Agar layar LCD anda selalu bersih, pastikan anda membersihkannya secara berkala, sejarang-jarangnya satu minggu sekali.

cara bersihkan CPU

ini cara membersihkan pc anda supaya tidak susah ,alat2 yg diperlukan:

  • kuas

  • penghapus pensil

  • kalo ada... vacum cleaner dan/atau semprotan udara

  • obeng

langkah2 membersihkan pc anda:

  • buka baut2 casing (pake obeng kali ye...) supaya anda bisa akses langsung isi perut pc anda. (peringatan! kalo masih garansi, membuka casing akan membatalkan garansi pc anda!)

  • buka baut2 di card pci dan cabut semua card pci

  • cabut semua kabel2 dari motherboard

  • cabut ram/memory

  • (optional, experience user only!) cabut cpu dari motherboard. buka baut2 motherboard dari casing. cabut motherboard dari casing. (anda harus mengerti pemasangan kembali cpu ke motherboard karena kesalahan pemasangan cpu akan merusak cpu dan motherboard anda!)

  • cabut hdd, cdrom, floppy, dsb...

  • mulai bersih2... nyalakan vacum cleaner, sedot semua debu. gunakan semprotan untuk lokasi yg sulit diakses vacum cleaner. bisa juga gunakan kuas.

  • gunakan hapusan pensil untuk membersihkan pins/konektor ram dan vga/pci card.

  • pasang kembali semuanya pada posisi semula.

  • nyalakan! banyak masalah dan kerewelan pc akan lenyap dan pc anda kembali bersih dan nyaman... anda pun lebih nyaman bekerja dgn kondisi lebih bersih


0 komentar:

Posting Komentar